Tagihan PLN Membengkak Tiba-Tiba, Ini Solusinya..

0

Bulan oktober ini bulan yang luar biasa bagi saya dan tim bandros.co.id, tidak seperti biasanya bulan ini saya membayar tagihan listrik lebih awal, yang biasanya membayar diakhir minggu pertama, pada bulan ini saya membayar tagihan PLN pada awal bulan karena tanggal 6 oktober saya bersama keluarga hendak ke luar kota.

Ketika ingin membayar menggunakan internet banking, tiba-tiba pada billing tagihan PLN rumah saya membengkak secara tiba-tiba hingga 1000  persen. Yang biasa bayar listrik 170,000 – 190,000 setiap bulannya, ini kok tiba-tiba menjadi 1,720,187, sempat shock sampai membuat mata ngantuk saya menjadi segar tiba-tiba.

Tagihan Membengkak

Hal yang pertama saya lakukan adalah:

  1. Bersihkan Kacamata (takut mata saya yang mulai rabun) :D
  2. login-logout internet banking (berharap ada kesalahan sistem) :D
  3. Menanyakan ke orang tua (siapa tau pernah mengalami)

Menurut orang tua saya ada beberapa kemungkinan, bisa jadi karna ada pencurian listrik atau penggunaan yang bocor / tidak terlihat. Jadi kami langsung memastikan kemungkinana pertama yaitu adanya pencurian listrik dengan cara mematikan semua aliran listrik kemudian cek piringan meteran apakah masih beputar atau diam. Jika masih berputar tapi listrik di rumah dalam keadaan mati semua, ada kemungkinan pencurian listri. Tapi nampaknya kemungkinan ini tidak terbukti. Karna kemungkinan ke dua kami yakin tidak ada penggunaan yang berlebihan, maka saya memutuskan untuk komplain langsung ke kantor PLN.

Pagi hari saya ke kantor PLN Soekarna Hatta Bandung, alhamdulillah trafik kunjungan PLN dibawah jam 10 masih sangat longgar, saya langsung dilayani resepsionis PLN Bandung kemudian diberikan nomor antrian. Kurang dari 5 menit nama saya dipanggil dan proses pengecekan Customer Service PLN mulai dilakukan.

Saat CS PLN melihat riwayat billing saya, terlihat tidak ada masalah sampai saya ditanya oleh CS PLN “Apakah bapak ingat angka meteran di rumah bapak saat ini?” Yap, untungnya sebelum ke PLN saya foto dulu meteran PLN di rumah saya, dan foto tersebut menjadi bukti kuat adanya kesalahan informasi ketika petugas lapangan PLN meng-input data PLN rumah saya.

Jadi, masalah utama tagihan PLN saya menjadi bengkak adalah karna adanya perbedaan data yang di input oleh petugas PLN dengan kondisi asli meteran. Kira-kira berbeda 1000 angka meteran.

Akhirnya saya ditawari 2 opsi, yaitu:

  1. Pertama, Kelebihan tagihan akan menjadi deposit, sehingga setiap bulan hanya membayar abodemen saja sekitar 120,000.
  2. Kedua, CS PLN akan memproses perbaikan tagihan dalam waktu 2-3 hari maksimal sampai tanggal 20.

Tentu saya memilih opsi kedua walaupun CS bilang “akan diusahakan” tapi setidaknya ada secercah harapan. :D

Alhamdulillah sekitar 7 hari setelah laporan saya diterima, tagihan saya berubah menjadi 200.000. Walaupun masih terbilang malah karena setiap bulannya tidak pernah melibihi 200,000 tapi yasudah lah. Hehe.

Jadi buat teman-teman yang mengalama hal seruba, cara untuk komplain seperti ini cukup mudah kok. :D Jadi jangan pasrah saja ya..

Oke, semoga bermanfaat. :D

Leave a Reply