Menggunakan SMTP untuk Mengirim Email WordPress

0

Ketika develop sebuah website terutama di lokal yang membutuhkan pengiriman email biasanya jika hanya menggunakan phpmail saja tidak cukup, untuk itu saya biasanya menggunakan SMTP untuk kebutuhan pengiriman email. Selain digunakan dalam tahap development, saya juga sangat menganjurkan untuk menggunakan SMTP dalam pengiriman email saat website sudah dalam tahap production / live.

Alasan saya menggunakan SMTP diantaranya adalah meningkatkan delivery rate yang juga akan mempengaruhi open rate si email tersebut. Selain itu beberapa jasa mail service menyediakan report yang sangat lengkap tentang lalu lintas email yang kita kirim bahkan log outbound dan inbound email.

Contoh Dashboard Mandrill
Contoh Dashboard Mandrill

SMTP yang saya gunakan saat ini adalah dari Mandrill dan Amazon SES. Selain karena alasan harga, mail service ini juga sudah dikenal tangguh, terbukti banyak perusahaan besar seperti tiket.com, tokopedia, dan traveloka menggunakan mail service dari amazon dan mandrill. Selain SMTP, kedua layanan tersebut juga menyediakan API yang bisa digunakan oleh developer untuk membuat aplikasi email sesuai dengan kebutuhan.

Selain kedua layanan email yang saya sebutkan di atas, Anda juga dapat menggunakan berbagai layanan SMTP gratis lainnya, seperti gmail juga terdapat SMTP yang bisa kita gunakan loh. Hanya saja tidak ada fitur reportnya. hehe

Bagi pengguna WordPress, saya sarankan untuk menggunakan plugin Easy SMTP dan WP SMTP. Kedua plugin tersebut sangat mudah gunakan.

Untuk menggunakan layanan ini Anda tidak dapat secara langsung mengirim email dengan jumlah banyak, untuk mandrill sendiri bagi user baru kalau tidak salah membatasi 25 email / jam untuk menjaga kualitas email mereka, semakin sering mengirimkan email dan open rate yang bagus maka reputasi akun kita akan terus naik level dan akan dinaikan juga kuota pengiriman emailnya.

Untuk kuota pengiriman email menggunakan Amazon SES juga sama, kita hanya diberi kuota kira-kira 1000 / hari, namun pengalaman saya setelah beberapa hari mengirim email lebih dari 1000 per-hari melalui Amazon SES kita bisa langsung request kepada Amazon untuk menaikan kuota pengiriman email, hingga saat ini kuota email saya di amazon masih 50.000 email / hari.

Selain untuk pengiriman email notifikasi untuk website, layanan email ini juga dapat digunakan untuk membuat Autoresponder Email Marketing. Untuk penggunakan autoresponder Anda dapat menggunakan software seperti sendy.co.

Sekian tulisan singkat dari saya, semoga bermanfaat. Salam. :)

Leave a Reply