Dasar CPA: Mengenal Jenis Offers pada CPA Network

0

Dalam bisnis affiliate terutama CPA, offers atau produk yang kita pasarkan memiliki peran penting dalam menghasilkan suatu conversion. Dari sekian banyak offers yang tersedia di berbagai CPA Network kita tentu harus mengambil beberapa offers yang kira-kira cocok untuk kita.

Setiap offers yang tersedia juga memiliki jenis / kategori dengan tingkat kesulitan dan konversi yang berbeda-beda. Kali ini saya coba share beberapa jenis offers yang biasanya tersedia di CPA Network.

Email / ZIP Submit

cpa offers email

Jenis offers ini mengharuskan publisher untuk mendapatkan lead / data email visitor. Misal sebuah perusahaan memberikan offer untuk mendapatkan data email visitor yang nantinya dapat diprospek menjadi calon customer. Dari setiap data yang masuk kita bisa mendapatkan komisi sekitar $0,5 – $5.

Untuk jenis offers ini terdapat 2 tipe yaitu Single opt-in (SOI) artinya kita dapat komisi jika ada orang yg daftar emailnya di offer tersebut. Ada juga Double opt-in (DOI) yang artinya kita dapat komisi jika ada orang yang submit / daftar email dan konfirmasi. Jika offer jenis DOI, ketika calon customer tidak melakukan konfirmasi email, kita tidak akan mendapat komisi.

PIN Submit / CC Submit

cpa offers pin submit

Jenis offers ini mengharuskan visitor untuk mengisi nomor telepon atau nomor kartu kredit. Contoh offers pin submit adalah mobile subscription seperti layanan SMS Premium / Ringtones. Komisi yang di dapat berkisar $1 – $10 bahkan lebih.

Biasanya publisher sangat senang dengan offers jenis pin submit terutama jenis offer mobile yang mendorong visitor untuk mengisi nomor telepon dan berlangganan layanan premium. :D

Free Trial

health-testosterone-booster-international

Jenis offers ini mengharuskan visitor untuk mencoba suatu layanan atau produk gratis atau berbayar. Biasanya vistor cukup membayar ongkos kirim saja untuk mendapatkan produk tertentu.  Kita Akan mendapat komisi jika berhasil mendapatkan orang yang ingin mencoba produk tertentu (bisa produk fisik, software atau layanan). Biasanya komisi yang didapat sekitar $1 – $10.

Download / Install

app install offers

Jenis offers ini mengharuskan visitor untuk meng-unduh dan install suatu aplikasi. Baik itu aplikasi desktop atau mobile. Sekarang sudah banyak offers Apps Install khususnya untuk Android dan IOS, bahkan perusahaan lokal seperti tokopedia, bukalapak pun membayar publisher untuk mendapat download.

Jadi kita akan dapat komisi jika ada orang yang download aplikasi dan membukanya, biasanya komisi yang didapat sekitar $0,5 – $5.

Sales

Jenis offers ini sama seperti CPS (Cost per-Sale) yang mengharuskan visitor membeli suatu produk yang kemudian publisher mendapat komisi dari hasil penjualan. Bisanya komisi yang didapat tidak fixed melainkan persentase. Misal ada sebuah layanan booking hotel, ketika visitor berhasil booking hotel maka kita akan mendapat komisi 3% – 5%. Untuk komisi jenis ini ada yang hingga 70%.

Short Form

Jenis offers ini mengharuskan visitor untuk mengisi sebuah form singkat yang biasanya berisi email, nomor telp, dan alamat. Ketika visitor mengisi form dengan isian yang pendek kita mendapat komisi sekitar $1 – $10. Jenis offers ini biasanya tidak terlalu sulit karna visitor tidak perlu mengisi isian yang terlalu banyak, sekitar 3-5 form saja.

Long Form / Survey

Sama seperti short form namun isian lebih lengkap seperti survey. Biasanya visitor harus mengisi data mulai dari data pribadi hingga interest. Dengan isian yang lebih lengkap, advertiser dapat mengumpulkan data yang akurat untuk menargetkan pasar yang lebih spesifik. Komisi yang kita dapat biasanya cukup besar antara $1 – $20 bahkan lebih.

==================================

Selain itu masih banyak jenis-jenis offers yang dapat dipromosikan oleh publisher / affiliate. Seperti Social Action dan Click to Website. Walaupun mungkin bukan tergolong CPA, tapi offers seperti ini ada di CPA Network. Sekian tulisan singkat dari saya, semoga bermanfaat. :)

Leave a Reply