$100 Pertama dari CPA Network Lokal

2

Akhir-akhir ini dikalangan internet marketer Indonesia sedang ramai dengan CPA (Cost per-Action), walaupun sudah banyak internet marketer asal indonesia yang sudah bermain CPA sejak 3-4 tahun yang lalu tapi saya sendiri baru mengenal CPA yang merupakan keluarga dari Affiliate Marketing ini 2 bulan terakhir ini, tapi karna saya sedang fokus ke toko online maka saya hanya sekedar tau dan belum berani praktek.

Setelah membaca tulisan-tulisan dari tongkatajaib.com milik pak rully saya mulai sangat tertarik untuk mencoba CPA, bukan karna ngiler melihat earning teman-teman IM yang hingga ratusan ribu dolar per-bulan tapi saya lebih tertarik untuk belajar cara ber-iklan yang benar.

Dalam melakukan campaign CPA saya dituntut untuk menemukan winning campaign dengan melakukan berbagai macam Split Testing.  Saya terbilang baru dalam dunia advertising, saya biasa menjadi publisher, baik itu web maupun aplikasi mobile. Awalnya saya memilih beberapa offers untuk dipromosikan, namun hasilnya kurang maksimal karena untuk orang awam seperti saya rentan sekali untuk TIDAK FOKUS. Jadi akhirnya saya memutuskan untuk memilih 1 offers untuk saya promosikan sampai mendapat conversi dan tentu saya KEUNTUNGAN. hehe.

Dalam 1 minggu ini saya menggunakan traffic source facebook ads, karena yang cukup saya kuasai saat ini hanya facebook ads maka saya coba pasarkan menggunakan facebook. Dari beberapa AdSets dan landing page yang saya buat hampir semua menghasilkan konversi, setelah itu saya mendapat 1 Adsets yang mendapat konversi terbanyak. Saat itu juga saya melakukan vertical scale-up, yang mana saya menambah budget untuk iklan yang mendapat konversi terbanyak.

Setelah melakukan vertical scale-up, ternyata diluar ekspektasi saya, iklan saya memang tetap mendapat konversi tapi budget saya semakin besar sedangkan konversi tetap sama seperti awal. Setelah itu saya mulai mencari tips tentang scale-up pada campaign iklan, dan ternyata google menyeret saya ke salah satu tulisan Memperkecil Resiko Saat Akan Melakukan Vertical Scale-up oleh pak rully. Wah ternyata kesalahan saya adalah saat saya menambah budget iklan ternyata saya tetap membiarkan bid CPC (cost per-conversion) tetap seperti awal, jadi setelah itu saya coba naikan bid iklan saya agar iklan saya lebih sering tampil. Dan Alhamdulillah dengan budget tidak lebih dari $60 saya mendapat $100 pertama. :D

statistik cpa network

Nilai tidak besar memang, tapi bagi orang awam seperti saya hasil tersebut cukup untuk menambah budget iklan dan membeli popok anak. Hehe. Selain earning, yang lebih penting adalah saya bisa mendapat ilmu baru yang baru saya temui saat ini.

Saat ini saya belum menggunakan tracking tools, karna sejujurnya saya memang belum fokus ke CPA, saya masih fokus membangun perusahaan dan toko online saya. Saat ini hanya menggunakan insight dari facebook dan membuat tracking sederhana yang saya simpan pada landing page. Sehingga saya tau dari landing page mana, yang paling banyak mendapat konversi.

Dengan ilmu yang saya dapat ketika bermain CPA bisa saya implementasikan juga di toko online, karena pada dasarnya ilmu internet marketing intinya adalah mendapatkan traffic yang hasil akhirnya menjadi konversi. Target saya dalam beberapa bulan ini mendapat $1000 pertama dari CPA. Mohon doanya. ^_^ Sekian dan semoga bermanfaat. :)

Discussion2 Comments

Leave a Reply