Perangkat Penunjang Customer Service Toko Online

1

Bagi pelaku bisnis online terutama pemilik toko online, perangkat komunikasi merupakan faktor paling penting penunjang bisnis kita. Selain untuk layanan pelanggan juga digunakan untuk melakukan berbagai closing.

Dari pengalaman saya dalam meningkatkan pelayanan CS di bandros.co.id, kami terus cari cara agar layanan pelanggan Bandros dapat melayani dengan cepat. Untuk itu, saya akan coba share sedikit peralatan perang CS Bandros yang saat ini digunakan.

1. BB OS 10 (BB Q5, BB Q10) + Blackberry Blend

bb blend

Alat ini bisa dibilang alat perang utama, karna dengan 1 device kita bisa gunakan beberapa messenger dan yang paling penting bisa diakses di PC / Desktop. Jadi jari-jari CS tidak lagi bengkak karna kebanyakan ngetik dengan sedikit pegal-pegal di leher karna posisi lehar menunduk terus. :D

Dengan BB10 + Blend kita dapat handle BBM, SMS, dan Email sekaligus dalam 1 aplikasi. Selain itu, bagi yang punya karyawan, kamu tetap bisa kontrol karyawan kamu dengan cara BB10 kita yang pegang, CS cukup gunakan Blackberry Blend di PC. Jadi saat ada chat baru, otomatis singkron ke PC, BB bahkan kita bisa langsung mantau via tablet.

2. WhatsApp Web

whatsapp web

Banyak pelaku online shop yang ternyata belum tau fitur whatsapp web, padahal whatsapp sudah cukup lama memiliki fasilitas yang powerfull untuk OLSHOP. Sama seperti BB Blend, hanya saja kita pakai browser untuk chat.

Jadi kita buka https://web.whatsapp.com, kemudian di aplikasi WhatsApp di HP ada menu “WhatsApp Web”, kita cukup scan QR Code maka otomatis masuk ke tampilan chat. Kita juga bisa kontrol karyawan kita dengan whatsapp web. Kita cukup pegang HPnya, karyawan kita cukup buka web whatsapp.

3. LINE PC / CHROME

line chrome

Untuk aplikasi LINE, saat ini sudah tidak lagi saya gunakan karna memang saat ini member bandros sedikit yang menggunakan LINE. Tapi bagi OLSHOP yang menggunakan LINE, bisa juga menggunakan LINE PC bisa diunduh di http://line.me/en-US/download atau untuk versi browser / chrome bisa diunduh DI SINI.

4. Android / iOS + Keyboard

keyboard hp

Untuk yang sudah terlanjur pakai Android, dapat menggunakan keyboard external. Jadi untuk mengetik kita tidak perlu menggunakan keypad HP, tapi menggunakan keyboard external (bluetooth) seperti keyboard komputer. Awal bandros berdiri, kita masih pakai alat ini.

5. Aplikasi PC Link (ASUS)

pc link

Ada beberapa aplikasi seperti PC LINK (untuk ASUS), yang memungkinkan layan Android kita ada di Desktop komputer. Jadi kita bisa gunakan keyboard + mouse komputer untuk kontrol android kita. Saya juga dulu pernah menggunakan ini, dan saat ini masih digunakan untuk CS Resepsionis.

==========================

Sebetulnya masih banyak aplikasi dan alat lain yang bisa digunakan sebagai alat atau tools pendukung CS OLSHOP, seperti keyboard xkeys 60 yang dapat merekam perintah tertentu (misal dalam kasus CS untuk menyimpan autotext / shortcut jawaban).

Untuk pelaku OLSHOP freelance atau nyambi, tentu alat-alat seperti ini terasa kurang terpakai karena biasanya aktifitas yang mobile. Tapi bagi pelaku OLSHOP yang serius dan sudah mulai memiliki tim, tentu alat ini sangat dibutuhkan agar semua kegiatan tidak lagi menggunakan handphone tapi menggunakan PC. Karna banyak kegiatan yang sedikit sulit jika dilakukan menggunakan handphone.

Sekian tulisan tentang “Alat Perang CS OLSHOP”, semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan produktifitas kerja kita. :)

Discussion1 Comment

Leave a Reply