4 CPA Network Lokal Yang Cocok Untuk Pemula

1

CPA (Cost per-Action atau Cost per-Acquisition) adalah salah satu jenis pemasaran dari Affiliate Marketing yang merupakan jenis pemasaran dimana publisher (orang yang memasarkan) memasarkan produk orang lain (advertiser) kemudian publisher akan diberikan komisi setiap ada tindakan, baik per-penjualan, per-install, per-akuisisi user, dll.

Dalam CPA, jenis komisi yang kita dapatkan adalah per-akuisisi atau per-action. Misal ada sebuah perusahaan game seperti Rovio yang meluncurkan sebuah game baru, untuk dapat meningkatkan jumlah download biasanya perusahaan tersebut memasang iklan di CPA Network (perusahaan yang mempertemukan publisher dan advertiser) dan para affiliate marketer memasarkan game tersebut yang setiap ada instalasi kita akan mendapat komisi. Komisi dalam CPA untuk app install atau registrasi biasanya tidak begitu besar, berkisar antara $0.20 – $1. Namun ada juga komisi yang cukup besar seperti jenis offers yang mengharuskan konsumen melakukan pengisian data kartu kredit, prospek, dll. Biasanya offers yang komisinya cukup besar kategori asuransi, finansial, dan gambling.

cpa-network-based-on-commission

Untuk dapat bergabung di CPA Network, biasaya perusahaan tidak sembarang menerima affiliate marketer. Biasanya mereka lebih selektif dalam menerima affiliate agar tidak banyak terjadi tindakan spamming atau pelanggaran yang sering dilakukan affiliate marketer pemula. Untuk dapat bergabung dengan CPA Network biasanya kita harus minimal sudah pernah bergabung dengan CPA Network lain dan mendapat revenue setidaknya $500. Tapi bagaimana cara seorang newbie seperti saya untuk mendapatkan penghasilan minimal $500 dari CPA, sedangkan CPA Network memberlakukan persyaratan seperti itu?

Untungnya ada beberapa CPA Network yang tidak mengharuskan user berpengalaman, seperti cpagrip, AdsendMedia, Adflex, dll. Yang terpenting bagi beberapa CPA network tersebut adalah penjelasan bagaimana cara user mendatangkan traffic.

Bagi pemula seperti saya biasanya kesulitan dalam mencari offers yang baik untuk dipromosikan, apalagi jika bergabung di CPA Network luar banyak offers yang mengharuskan user menargetkan traffic untuk negara tertentu seperti US, Canada, Perancis, dll. Jadi jika suatu offers mengharuskan traffic harus berasal dari negara prancis, Anda jangan coba-coba untuk memasarkan di wilayah Indonesia. :D

Nah, berikut adalah daftar CPA Network asal Indonesia yang bisa dijadikan tempat untuk mencoba dan belajar Affiliate Marketing khususnya CPA.

IndoCPA

Bisa dibilang CPA Network ini adalah salah satu pelopor CPA Network lokal, banyak offer-offer menarik dari IndoCPA. Untuk bergabung di IndoCPA agak sedikit ketat, namun saya rasa tidak seketat CPA Network luar.

Conversion8

CPA Network yang baru-baru ini diluncurkan oleh salah satu affiliate marketer asal Indonesia ini sangat direkomendasikan untuk pemula, selain terdapat grup diskusi untuk belajar, juga terdapat cukup banyak offers untuk traffic Indonesia.

SociaBuzz

Awalnya sociabuzz adalah sebuah agency iklan yang mempertemukan brand dan buzzer. Namun SociaBuzz saat ini memiliki 2 network yaitu SociaBuzz (untuk Buzzer) dan SociaBuzz Pro (CPA Network). Offers yang ada di sociabuzz adalah untuk traffic Indonesia, saya belum pernah melihat offers untuk traffic luar negeri di sini. Namun sayangnya terkadang offers yang yang tersedia sangat sedikit.

AccessTrade

Perusahaan asal jepang ini baru-baru ini membuka cabang di Indonesia, CPA Network yang fokus memasarkan ke blogger ini cukup banyak menyediakan offers. Terdapat banyak offers CPA untuk kategori e-commerce dan booking tiket hotel / pesawat. Selain itu juga cukup banyak offers CPA per-lead, premium member, dan asuransi.

Itu adalah 4 CPA Network asal Indonesia yang cocok untuk memulai CPA. Jika ada lagi yang belum saya sebutkan, silahkan isi komentar. :D

Discussion1 Comment

  1. Pingback: Dasar CPA: Mengenal Jenis Offers pada CPA Network

Leave a Reply