[Field Report] ON|OFF CHAT Bandung 2011

0

Hari sabtu kemarin tanggal 1 oktober 2011, ON|OFF Indonesia mengadakan ON|OFF Chat di Bandung dengan tema “Media Sosial untuk Perubahan” yang merupakan warming up dari acara puncak ON|OFF 2011 yang akan digelar pada awal desember mendatang. Acara ini digelar di Common Room dari jam 9.00 sampai 17.30.

Saya datang ke TKP pukul 9.00 pas dan sempat menunggu beberapa menit untuk menunggu registrasi ulang dibuka. Karena sudah banyak peserta yang datang maka registrasi ulang segera di buka. Selanjutnya saya pergi ke kampus lagi untuk kuliah sampai pukul 11.00. Ketika kembali ke Common Room, acara sudah dimulai dengan presentasi dari Ndoro Kakung (Chairman Pesta Blogger 2008, advisor ON|OFF 2011) dengan tema “Gerakan Sosial” (kalau tidak salah, karena saya datang terlambat). :Peace: Ndoro Kakung menjelaskan tentang berbagai jenis gerakan sosial sampai cara membuat gerakan sosial yang baik.

Presentasi kedua dibawakan oleh Nila Tanzil (Founder Taman Bacaan Pelangi), Mbak nila berbagi pengalaman bagaimana awal terbentuknya Taman Bacaan Pelangi yang sekarang sudah tersebar dibeberapa desa terpencil di Indonesia. Berikut kutipan pembicaraan mba nila ketika presentasi yang didapat dari twitter onoffid.

Pertama mulai sy bangun 4 tmn bacaan, sistemnya rotasi, tiap 6 bulan sekali buku2 dirotasi antar desa

Aku survey ke desa2, liat rumah yg bisa jd partner taman bacaaan mis. guru, kepala adat, kepala desa

Transportasi buku jg sulit krn medan, aku pakai uang sendiri dl borong 200 buku dr Jkt, aku hub. org gramedia

Krn nekat hub. org Gramedia aku dikasih diskon 30% dan boleh milih buku di gudang

Ngirim buku mahal, 10 kilo 600rb, reach-nya jg susah, alamat ga ada, gmn ngirimnya. Logistik hrs dipikirin

Beli buku baru lbh mahal, jd aku beli 2nd hand books di lapak2 utk buku cerita 4000an di Blok M Square

Stlh buka di 4 desa, kl pk duit sendiri ga bs dikembangin, jd kuhubungi temen2 via email di JKT utk bantu

Dlm sebulan terkumpul 15 juta dr email2 yg kukirim, ditambah uang pribadi, bikin 4 taman lagi

Di Labuan Bajo banyak kapal pesiar, krn aku doyan ngobrol aku kenalan sm kapten2 jd aku dpt koneksi ke yayasan kapal pesiar, Dr ngobrol2 itu mrk bikin charity utk taman bacaan pelangi, jd ngobrol dan cerita itu penting.

Kendala lain jg bahasa, guru2 jg msh berusaha ngajar anak2 dg bhs Ind, anak2 msh kental bhs lokal

Kendala lain dpt sukarelawan org Ind, kebanyakan yg peduli justru org asing yg tgl di labuan bajo. Sedih bgt

Sekali bikin gerakan, there’s no turning back, ga ada kata mundur, ini komitmen seumur hdp

Kt juga hrs monitor perkembangan gerakan kt scr berkala, jgn lupa utk dtg ke tmpt2 project kt

Yah kurang lebih seperti itu kutipan perkataan mba nila saat presentasi, dan ketika itu mba nila sempat bercerita ketika launching Taman Buku Pelangi mengundak Dinas Pariwisata dan Dinas Pendidikan, tapi yang datang hanya dinas pariwisata, sempat menunggu 1 setengah jam hanya untuk menunggu dinas pendidikan tapi tak kunjung datang. Sungguh ironis. :bedukas

Acara selanjutnya adalah istirahat sampai jam setengah 2. Setelah istirahat dilanjutkan dengan workshop dengan membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk membuat ide gerakan sosial yang nantinya ide-ide terbaik akan dipilih dan dituntun untuk direalisasikan. Dari ke-6 kelompok yang  terbaik adalah ide membuat gerakan sosial untuk tuna netra, yang nantinya relawan membacakan buku/koran/majalah atau apapun untuk para tuna netra.

Setelah workshop, kita istirahat kembali untuk sholat ashar dan dilanjutkan dengan kopi darat, share pengalaman dalam aktivitas gerakan sosial atau media sosial lainnya. Disesi ini lebih santai sambil disuguhi es kelapa muda plus gorengan yang nikmat :D Acara ini berlangsung sampai pukul 17.30 yang dibarengi dengan kuis twit dengan hadiah 1 buat notebook Acer. :genit:

Sampai jumpa di acara puncak ON|OFF 2011 awal desember mendatang! :beer:

Leave a Reply