Menulis : Metode Menghafal Paling Efektif

8

Ketika saya masih duduk di bangku SMA tepatnya di MAN 2 Serang, saya mengalami kesulitan untuk menghafal pelajaran karena memang saya bukan orang yang cerdas dengan IQ tinggi segingga dapat menghafal suatu materi dengan cepat. :malu:

Sahabat saya bernama Irham (ketua OSIS angkatan 2008) pernah memberitahu cara paling cepat untuk menghafal suatu materi, yaitu dengan menulis khususnya tuilsan tangan. Ya memang betul, karena dengan menulis otak kita ikut terangsang untuk terus mengingat apa yang telah kita baca.

Heem, contohnya begini “Saya membaca dan menghafal suatu kalimat, agar saya bisa lebih cepat hafal maka saya mengingat apa yang saya baca dengan menulisnya berkali-kali.”

Metode ini saya rasakan sangat efektif sehingga dalam menghafal saya tidak hanya membayangkan apa yang saya baca tapi juga bisa mempraktikannya. Terutama dalam ujian di sekolah, yang menggunakan metode menulis untuk menjawab soal essay.

Bagaimana dengan membuat catatan kecil untu bahan contekan? :D

Ini yang sering saya lakukan waktu dulu :Peace: Sebetulnya hal itu juga dapat Anda optimalkan dengan sedikit meluangkan waktu untuk lebih fokus menghafal apa yang Anda baca dengan menulis sehingga Anda tidak perlu membawa catatan kecil untuk contekan waktu ujian. :p

Gak percaya? Silahkan coba sendiri. :army:

*Mohon koreksi kalau pendapat saya salah. :o

Discussion8 Comments

    • ciebal

      hoho,, tapi sebisa mungkin cari metode menghafal yang menurut kalian bagus, agar tidak menyia2kan energi kita. *gak nyambung y gue :hammer:

Leave a Reply