Dia Pandai Karena Dia Tahu Lebih Dulu

10

Seorang siswa peringkat 10 di kelas pasti menganggap teman sekelasnya yang peringkat 1 lebih pandai dari dia. Ya dulu juga saya menganggap demikian sampai akhirnya saya berfikir  tidak bisa menyaingi teman saya yang peringkat 1 tersebut.

Saya masih teringat kata-kata pak firstman yang merupakan wakil ketua MUGI Nasional yaitu “Bukan jago, tapi tahu lebih dulu”. Satu hal yang saya tangkap, untuk menjadikan pandai kita harus lebih dulu  tahu dari teman-teman kita, orang akan menganggap kita pandai karena kita lebih dulu tahu dari mereka. Jika teman-teman kita sudah tau maka semua sama, tidak ada yang dianggap pintar ataupun bodoh.

Sekarang bagaimana caranya agar kita lebih tau dulu dibandingkan teman-teman kita? Sehingga anda dianggap lebih panda dari orang lain. :cool:

Bergabung Bersama Komunitas atau Kelompok Belajar

Jika anda penggemar teknologi informasi, bergabunglah bersama komunitas seperti komunitas blogger, open source, Developer, IT pro, Musik, dsb. Dengan bergabungnya dengan komunitas, anda akan memiliki banyak teman diskusi. :thumbup:

Jika anda seorang siswa yang ingin nilai matematika anda bagus, buat kelompok belajar dengan mencari pembimbing yang bisa menyelesaikan masalah jika suatu saat anda dan teman-teman kesulitan untuk menjawab soal.

Ikuti Pekembangan dengan Membaca Berita

Selalu update wawasan anda mengenai perkembangan ilmu yang sedang anda tekuni, apalagi masalah teknologi yang perkembangannya begitu pesat.

Untuk mengikuti perkembangan anda bisa membaca berita baik dari media cetak, televisi, maupun internet. Anda juga bisa berlangganan RSS via email agar anda tetap bisa membaca update dari website tertentu walaupun anda sedang sibuk. :linux2:

Mencoba Apa yang Telah kita Ketahui

Ini yang penting, anda mengetahui saja tidak cukup tanpa mencobanya. Anda hanya bisa berbicara tanpa bisa mempraktikan. :hammer:

Dengan mencoba, anda akan mendapatkan masalah baru dan terus mencari penyelesaiannya. :)

Sampaikan Apa yang telah Kita Dapat

Ilmu tidak akan dibawa mati, jadi jadikan ilmu anda sebagai bekal anda di akhirat. Karena di agaman saya (islam) ada 3 amalan yang tidak terputus setelah Mmninggal dunia yaitu:

1. Shadaqoh jariyah.

2. Ilmu yang bermanfaat.

3. Anak shalih yang mendoakan orang tua.

Semoga tulisan ini juga bermanfaat untuk anda. :)

Tulisan ini terinspirasi dari tulisan paman saya yang berjudul “Tak Perlu Menunggu Pandai Untuk Menulis” :D

Discussion10 Comments

  1. wahh ternyata begitu ya mas, aku juga sering seperti itu. ..
    kayaknya sulit nyaingi orang yang ranking 1. ..
    pantesan juga teman2 ku bilang aku jago di web karena aku tau lebih dulu dari mereka. .

  2. Pingback: Office 2010 : Subscribe RSS Feeds via Outlook | Ciebal Weblog

  3. Pingback: Office 2010: Subscribe RSS Feeds via Outlook

Leave a Reply