Nge-Blog Jangan Dijadikan Beban

9

Banyak blogger pemula yang mengalami kesulitan mencari bahan untuk menulis atau mengisi blognya, bahkan tidak sedikit blogger yang hanya jago copas dan menggunakan plugin auto blog hanya untuk menambahkan kontennya.

Sebelum membuat blog tentukan tema blog yang ingin anda buat. Jika anda mengalami kesulitan untuk menentukan tema tulislah apa yang ada dalam pikiran anda, nantinya blog anda akan mendapatkan ciri atau tema tersendiri. Atau blog gado-gado adalah tema yang tepat untuk blog pribadi.

Jika anda hobi internet, tuliskan apa yang anda tau tentang komputer. Misal “Cara Membuat Facebook atau Twitter”, “Cara mendownload lagu” atau apapun yang anda tau. Jangan minder karena tulisan anda sederhana, yakinlah bahwa banyak orang yang tidak tau dibandingkan anda.

Originalitas atau keaslian tulisan sangatlah penting, karena anda bertanggung jawab penuh terhadap apa yang anda tulisa. Jika ada pengunjung yang memberikan tanggapan terhadap tulisan anda tentu sebisa mungkin harus bisa menjawab.

Update blog minimal satu bulan sekali, jadikan blog seperti catatan pribadi anda. Kelak tulisan anda di blog akan membantu anda. Seperti saya, blog penyelamat ciebal ketika UTS dan bisa anda jadikan personal branding kelak jika anda sudah terkenal. Senyum

Jangan jadikan nge-blog sebagai beban yang berat untuk dijalani, dengan nge-blog anda mendapatkan tempat untuk bertukar pengalaman, pengetahuan, inovasi, dan inspirasi untuk teman-teman.

Semua butuh proses, tidaklah mudah untuk membentuk karakter atau gaya tulisan sendiri. Dengan rajin membaca dan menulis anda akan menemukan gaya tulisan anda sendiri. Tetaap PeDe dengan tulisan anda, seperti saya sudah satu tahun nge-blog tapi tulisan masih amburadul. Senyum malu

Sekedar berbagi pengalaman, setahun yang lalu saya hanyalan blogger yang jago Copas (Copy dan Paste), saya mencari tutorial menarik dan di posting di blog. Tapi seiring berjalannya waktu saya mencoba sebisa mungkin untuk menulis seoriginal mungkin agar bisa menjadi blogger profesional (mimpi mode on) Senyum dengan lidah terjulur

Semoga tulisan ini bermanfaat, Keep Blogging, Think before posting!

Discussion9 Comments

  1. wieh,, klo mnurut aku sich ka iqbal dah menjadi blogger profesional..,,
    oh ach ka, dkung aku jga ach spaya bsa jdi blogger profesional kya ka iqbal..
    oh ach ka, aku msi lum bsa mke wp, jdi msi mke blogspot, hee
    kpan2 ajrin wp ach….

    nice post and nice blog.

    • ciebal

      Semoga bisa jadi blogger profesional yah.. :)
      sya juga dulu cuma bisa copas, tapi semua butuh proses.. :malu:

      keep blogging bro. :)

Leave a Reply