Internet Membuat Masyarakat Melek Teknologi

4

Dulu internet identik dengan konten-konten dewasa, dengan segala keterbatasan informasi dan berita. Dengan waktu yangs angat singkat Internet menjadi suatu kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia sehari-hari.

Makin banyaknya situs-situs baru ikut serta dalam meramaikan dunia internet walaupun tidak sedikit juga yang berkonten negatif, Kominfo dan telkom rupanya tidak ingin tertinggal, dengan memblok situs-situs porno sehingga cukup membantu meringankan kekhawatiran orang tua akan konten negatif dari internet.

Indonesia adalah salah satu negara yang paling cepat pertumbuhan internetnya hingga mencapai 48% pengguna aktif internet, menurut Net Index Study yang diselenggarakan oleh Yahoo. Jumlah itu naik 26% dibandingkan pada tahun 2009. Hal itu disebabkan peningkatan pengguna internet melalui ponsel atau internet mobile dan trend untuk mengakses media online.

Namun  nampaknya pertumbuhan internet di indonesia tidak menurunkan banyaknya situs negatif di internet, justru makin banyak bertebaran di internet, sampai-sampai ketika mengetik kata “SMA” di mesin pencari yang keluar bukan situs atau berita tentang SMA melainkan situs-situs dewasa. Sungguh ironis.

Internet Sehat membuat terobosan baru dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Dari kota ke kota tim ICT Watch mengadakan kampanye Internet Sehat membuat masyarakat terbuka wawasannya mengenai bagaimana memanfaatkan internet dengan baik, memblokir situs segatif, sampai kampanye untuk para blogger Indonesia.

ICT Watch merangkul para blogger dengan mengadakan Blogger Award untuk mengajak para blogger agar lebih bijak menggunakan blog sebagai media informasi yang positif. Contoh kasus prita, luna maya dan masih banyak lagi kasus-kasus yang berawal dari internet sampai ke meja hijau adalah bukti nyata bahawa posisi internet di dunia sudah tidak di pandang sebelah mata.

Internet sekarang banyak digunakan sebagai media informasi yang up to date, Dakwah, Usaha, pencarian teman, sampai jodoh. Tentu hal yang positif tersebut perlu dukungan dari masyarakat untuk memahami akan pentingnya menjaga privasi dan informasi diri agar terhindar dari pencurian dan penggunaan data untuk kepentingan orang yang tidak bertanggung jawab.

Ketika kasus penipuan di internet yang terjadi pada artis Jajang C Noer dan istri almarhum Crisye, adalah salah satu contoh modus kejahatan internet yang terjadi akibat kesalahan yang sering terjadi di masyarakat luas. Dengan memanfaatkan informasi korban yang ada di situs jejaring sosial, peretas dapat menggunakan informasi tersebut untuk security question yang biasa di sebut tehnik Social Engineering yang memanfaatkan segala informasi dan psikologi korban.

Internet Sehat bikin hebat! Merubah pandangan masyarakat terhadap internet dan membuat masyarakat melek IT. Manfaatnya sangat saya rasakan dalam bidang pendidikan dan bisnis.

Dari beberapa kasus di atas, mendapatkan manfaat akan pentingnya etika berinternet demi kenyamanan bersama. Terimakasih.

Discussion4 Comments

  1. Kayaknya sekarang internet di indonesia masih akan berkembang lebih pesat lagi gan.
    Perbandingan pengguna saat ini dengan jumlah penduduk indonesia masih besar.
    Semoga kita semua dapat memanfaatkan internet dengan lebih bijak. :2thumbup

    • ciebal

      so pasti gan, fasilitas untuk berinternet semakin terjangkau, di kampung tempat nenek saya tinggal udah pada punya akun facebook dengan handphone untuk membuka akun mereka.

      Mantap.
      Semoga lebih baik lagi.

Leave a Reply