Bisnis Online Penyambung Hidup Mahasiswa Perantau

8

bisnis-onlineSaya seorang mahasiswa bidang informatika di salah satu universitas swasta di kota bandung. Suka-duka menjadi seorang perantau yang jauh dari rumah dan orang tua, mencoba hidup mandiri tanpa bergantung pada keluarga.

Bisnis Online hanya cerita waktu itu, cerita seorang wanita yang mampu manghasilkan ribuan dolar dalam sebulan, cerita seorang yang bisa membeli rumah, mobil hanya dengan bermodal koneksi internet. Ya, saat itu Bisnis Online adalah setitik harapan buat saya untuk menyambung hidup di kota orang.

Tidak semudah yang dikatakan orang, tidak semudah yang saya pikirkan. Bisnis online itu susah! ya setidaknya itu satu kalimat yang saya ingat ketika saya membaca tulisan dari seorang pebisnis online di indonesia. Bisnis online membutuhkan keuletan dalam melakukannya, sama halnya bisnis offline, kita perlu strategi, promosi, personal branding, guna mendapatkan kepercayaan calon client. Perbedaanya hanya terletak pada waktu dan tempat dalam bekerja. Jika seorang pegawai bangun pagi untuk ke kantor dan pulang malam, bisnis online tidak mengenal waktu, kapan saja dan dimana saja kita bisa melakukannya.

Ketika saya mencoba menghalalkan segala cara untuk mendapatkan hasil yang banyak dalam waktu singkat tentu itu pemikiran yang salah, dalam berbisnis online intinya tekun, fokus, jujur, dan praktek. Terkadang bisnis online pemula lebih banyak pemasukan daripada pengeluaran. Dalam hal ini pebisnis online pemula lebih banyak mendapatkan masukan teori dari berbagai sumber tanpa memikirkan strategi dan cara untuk mempraktekan ilmu yang sudah di dapat.

Bisnis online sudah bisa saya jadikan lahan pencarian sambil kuliah, tanpa menganggu aktifitas belajar kita. Mulai dari berbisnis PTC (Paid to Click), PPC (Pay Per Cilck) dan Menjual DVD kumpulan ebook, Setidaknya penghasilan dari bisnis online sudah bisa membiayai kuliah saya selama satu semester.Lumayan kan?

Anda bisa memulai berbisnis online dengan memulai mencoba :

  • PTC (Paid to Click)

Kita di bayar untuk mengklik iklan yang ada di member area selama waktu yang di tentukan

  • Affiliate

Anda tidak perlu memiliki produk sendiri, anda dapat mempromosikan produk orang lain dan anda akan mendapat komisi disetiap penjualan

  • PPC (Pay Per Click)

Setidaknya anda harus memiliki kemampuan menulis dan membuat blog/situs untuk memulai berbisnis PPC. Anda akan diminta untuk menampilkan iklan di situs anda dan setiap iklan tersebut di lihat oleh pengunjung maka anda akan mendapatkan komisi sebagai publisher.

Mulailah berbisnis dengan fokus, jika anda memiliki produk sendiri sisihkan penghasilan anda untuk beriklan di PPC lokal atau internasional agar memperluas pasar. Jika anda seorang blogger yang memulai berbisnis dengan PPC, buat blog anda bermanfaat bagi orang lain maka blog anda akan dibanjiri pengunjung dan peluang pengunjung mengklik iklan anda akan semakin besar.

NO ACTION NO MONEY

Jangan terlalu lama belajar berbisnis online, tanpa adanya tindakan nyata dari hasil belajar anda akan percuma! Waktu anda terbuang sia-sia hanya untuk belajar dan belajar tanpa adanya praktek.

NO TRAFIK NO MONEY

Pelanggan tidak akan tahu produk atau situs anda tanpa adanya pemasaran yang cukup, inti dari bisnis online adalah trafik website. Semakin banyak situs anda dikunjungi, semakin banyak pula orang mengetahui bisnis anda.

Sekian tulisan singkat dari saya tentang pengalaman saya berbisnis online. Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Discussion8 Comments

  1. lam knl dr wong serang, bos punya artikel bhs inggris utk menaikan trafik ga soalnya saya lg belajar buat artikel bhs inggris tp blog tetep sepi pengunjung

    • ciebal

      Salam kenal,

      kenapa gak bahasa indonesia? bahsa inggris terlalu banyak saingan kalau hanya sekerdar copas. :)
      kalau kamu bisa brbhsa inggris dengan baik sih gak msalah.

  2. soalnya saya lg cb adsense, klo bhs indonesia yg keluar iklan layanan masyarakat, klo nge-mix beberapa artikel dr beberapa blog bhs indonesia trus titerjemahi kebhs inggris itu copas bukan?

    • ciebal

      oh pke adsense, coba cari artikel yang bebas untuk di publikasikan. :)
      klo translate dari indo ke english tetep harus di cantumkan sumbernya kecuali di translate dan di ubah dengan bahasa sendiri. :)

      klo awal2 sib coba PPC lokal aja, klo trafik dah lumayan baru mix mulai tulis kontent bhsa indo. :)
      seperti d60pc.com dia blog bhsa indo dan english tapi adsensenya bagus.

Leave a Reply