Apa itu WebMatrix?

6

WebMatrix adalah web development tool gratis yang menyatukan server web, database, dan programming frameworks menjadi satu. WebMatrix memungkinkan Anda untuk coding, pengujian, dan menggunakan ASP.NET dan PHP.

Dengan WebMatrik membuat website lebih mudah karena didalamnya sudah terdapat lightweight development tool, IIS Developer Express, SQL Server Compact, dan ASP.Net extensions.

Pada tulisan ini saya mencoba menginstal WebMatrix menggunakan Web Platform Installer (WPI), dan pastikan sebelumnya WPI sudah terinstall (jika belum download disini untuk 32bit dan disini untuk 64bit)

Saya anggap sudah menginsyallnya, dilanjutkan dengan mendownload dan menginstall WebMatrix DISINI jika sudah selesai mendownloadnya, pada WPI terdapat web platform tools baru. Klik install untuk menginstall WebMatrix.

image

Installasi WebMatrix selesai, dan otomatis akan ada menu WebMatix pada Program Files

image

Ketika Anda menjalankan WebMatrix maka akan menampilkan layar seperti di bawah ini, tiga ikon pada sebelah kanan memberikan kemampuan untuk membuat situs Web baru – baik menggunakan open source yang ada pada Web Galley, atau dari template kosong yang disediakan oleh WebMatrix.

image

Untuk penggunaan WebMatrix, nantikan tulisan ciebal selanjutnya.. :beer:

Discussion6 Comments

  1. Pingback: Install BlogEngine.Net Menggunakan WebMatix | Ciebal Site

  2. Pingback: Membuat Halaman Web Sederhana dengan WebMatrix | Ciebal Site

Leave a Reply