Optimasi SEO Off Page

8

Pada umumnya teknik SEO dibagi menjadi dua macam yaitu On Page dan Off Page SEO. OnP age SEO adalah teknik seo yang memerlukan kostumasi dari dalam blog, seperti memaksimalkan keyword, dll. Sedangkan Off Page SEO adalah teknik SEO yang memanfaatkan ruang diluar blog itu sendiri, contohnya backlink.

Pada kesempatan kali ini ciebal ingin membahas sedikit tentang Trik dasar optimasi SEO OffPage karena untuk kelas pemula seperti ciebal ini, cara ini adalah cara yang paling mudah dilakukan namun berdampak besar pada posisi blog kita pada search engine dengan keyword tertentu.

Ada beberapa trik dasar OffPage SEO diantaranya:

1. Mendaftarkan blog ke beberapa search engine dan web Directori

Anda bisa mendaftarkan blog anda ke beberapa search engine populer yangs ering digunakan oleh pengguna internet, misalnya:

Google : http://www.google.com/addurl

Yahoo! : http://submit.search.yahoo.com

Bing : http://www.bing.com/webmaster/SubmitSitePage.aspx

Web Dir : http://www.link.or.id/ atau http://dir.web.id/

2. PING

Ping adalah sebuah layanan dimana search engine akan mengetahui keberadaan blog dan mempublikasikannya. Melakukan Ping secara berkala adalah salah satu trik OffPage SEO apalagi jika blog anda berada pada hosting yang menggunakan IP Baru, tentu proses ini sangat penting agar search engine dapat mengenali blog kita lebih cepat. Layanan Ping yang cukup populer adalah PingOat, MyPageRank, PingOtmatic atau layanan Google Ping Service.

3. Backlink

Backlink adalah salah satu cara optimasi SEO dengan cara memperoleh dukungan dari blog orang lain. Search engine Google menyukai hal ini, karena semakin banyak backlink diperoleh, semakin banyak pula hasil yang akan kita dapatkan. Backlink yang baik adalah baclink yang berasal dari blog yang memiliki Page Rank Tinggi.

Jadi untuk mendapatkan backlink dengan mudah adalah memberikan komentar bermutu di blog dofollow, atau mencari Dofollow blog directory untuk menanam backlink gratis.

4. Yang Ciebal Tau cuma Segitu. :p

Selain trik diatas, anda juga bisa mengirimkan konten/artikel yang ada pada blog anda ke beberapa artikel direktori seperti Ezin Articles.

Masih banyak menuju backlink gratis, yang paling efektif adalah dengan blogwalking secara rutin untuk menjalin hubungan sesama blogger dan saling bertukarang link antar sesama blogger.

Sekian tulisan sederhana dari ciebal, semoga bermanfaat. :shakehand

Discussion8 Comments

  1. hail ciebal, baru berkunjung, tulisannya bagus, menyegarkan kembali…
    tambahan untuk backlink, biasa blogger kalau sudah memberikan komentar, dan mengharapkan link back dari pengunjung lain, sulit sekali terjadi, sehingga saya biasanya kalu sudah komenter seperti ini, kemudian kirim komentar, setelah diterima, sambil menunggu moderasi, saya langsung "klik kembali" link back ke blog saya, itu yang jarang para blogger lakukan, sehingga ia menanam tidak mendapatkan hasilnya, apalagi blog yang dikomentari tidak mencoba berkunjung ke blog si pemberi komentar.

  2. Komentar ah biar dapat backlnk.
    Tapi aku mau tanya,
    1. apa guna mendaftarkan link ke web directory jika link kita sudah keindex?
    2. Apa ping mempengaruhi posisi link kita di search engine?
    3. jika aku komen di sini kan backlinknya cuma homepage. apa pengaruhnya dengan SEO kalau aku ngepost posting baru kan pasti link baru tuh. Pengaruh kah?

    • :matabelo
      1. spya mkin banyak visitornya, klo banyak vstor besar kmungkinan posisi di search engine bkal naek..
      2. ini cma spya website kita lbh di kenali oleh search engine aja
      3. yup pengaruh kok, asal dengan anchor/keyword yang tepat..

      CMIIW, saya juga masih newbie.. :malu:

Leave a Reply