[Ubuntu] systemError: Failed to lock

2

Sebagian pengguna ubuntu mungkin pernah mengalami problem pada saat install driver atau software di ubuntu, hal ini ciebal alami ketika hendak menginstall Driver ATI Radeon dan Wifi laptop Compaq 515 di Ubuntu muncul pesan error “systemError: Failed to lock /var/cache/apt/archives/lock“.

Setelah cukup lama ciebal mencari pemecahan masalah tersebut di google ternyata cukup banyak juga yang memiliki problem seperti di atas, tapi ciebal gak menemukan solusi untuk notebook Compaq 515 ciebal ini. Dan setelah seharian tidur ternyata ilham pun datang yang membisikan kalau masalah diatas adalah masalah hak akses user yang menginstall bukan Root. (gak tau kenapa bisa berfikiran seperti itu, padahal ciebal gak tau apa-apa soal linux, tapi setidaknya dulu pernah setting VPS CentOS) :o

Nah loh, padahal user ciebal pada Lucid Lynx adalah Administrator, tapi gak ada salahnya memeriksa lagi hak akses untuk ini. Dan ternyata benar hanya mengatur gak akses user dan group saja pesan error itu hilang. :D

Gini caranya :

1. Klik System > Administration > Users and Groups

2. Pastikan akun Type Administrator, kemudian klik Manage Groups


3. Kemudian pastikan user menjadi group member pada semua hak akses dengan cara klik properties dan ceklist user kamu. :)

Udah cuma gitu aja, silahkan restart dan coba lagi. :)

Semoga membantu dan jika ada kekeliruan tentang cara ini silahkan kasih komentar. :shakehand

Discussion2 Comments

  1. Kalo di Centos or Redhat siy by default secara awam pas nginstall kita dibiasakan make root emang pas login, kalo ubuntu emang seringnya sebagai user biasa, so kalo install secara awam suka ngasih tau sudo di comand line untuk mengawali perintahnya. Tapi seharusnya siy gak error gt ya pas masalah hak akses aja, so nice case ini siy, ada yg miss sepertinya… :)

    • emm gt yah, mungkin gak semua dengan cara ini bisa terpecahkan masalah seperti di atas, tapi se enggaknya buat pengguna ubuntu khususnya yang install di notebook compaq 515 mungkin bisa terbantu. :)
      makasih tambahannya. :shakehand

Leave a Reply