Mengatur Waktu Bermain Komputer Anak

4

win7Anak kecil jaman sekarang sudah banyak yang bisa mengakses komputer bahkan internet, sebagai orang tua tentu risih jika anaknya bermain komputer berlebihan apalagi dengan adanya fasilitas komputer dan internet di kamarnya. Devil

Windows 7 memungkinkan kita untuk membatasi penggunaan komputer berdasarkan waktu, kita bisa mengatur kapan saja komputer bisa dimainkan dan tidak. Ini adalah solusi bagi orang tua yang tidak bisa selalu memantau kegiatan anaknya dalam berkomputer dan internet.

Cara pengaturannya sangat mudah, kita hanya membutuhkan aplikasi Parental Control bawaan windows 7. :) Berikut cara singkatnya :

1. Klik tombol start > Control Panel > Parental Control

2. Akan tampil windows baru, jika anda belum memiliki User baru untuk anak bermain komputer silahkan buat baru untuk mempermudah pengaturan. Kalau sudah memiliki akun, Klik user yang hendak digunakan si anak nanti.

3. Setelah itu akan tampil jendela baru, lalu pilih menu Time Limits

4. Sekarang anda tentukan waktu kapan komputer bisa digunakan dan tiak. Klik saja pada kotak-kotak jikan anda ingin membatasi pada waktu terntu.

5. Klik OK, dan pekerjaan anda selesai. :D

Sekarang user baru yang hendak anak anda gunakan memiliki batas waktu tertentu untuk menggunakannya. Wink

Semoga bermanfaat. Yes

Tulisan ini juga ditulis di blog MUGI : http://mugi.or.id/blogs/ciebal/archive/2009/12/17/membatasi-waktu-bermain-komputer-anak.aspx

Discussion4 Comments

Leave a Reply