Rating at Posting (WordPress Only)

0

Rating sering kali digunakan sebagai patokan bagus atau tidaknya tulisan yang kita buat, dengan adanya rating semua pembaca bisa menilai tulisan kita dengan meninggalkan tanda rating. Cara ini lebih efektif untuk mengukur seberapa bagus tulisan kita dibandingkan dengan komentar, karen rating tidak meninggalkan jejek sehingga pemberi nilai tidak merasa segan untuk menilai tulisan kita.

Pada WordPress memang terdapat plugins untuk mengatur ini semua, tapi tidak cukup dengan plugins saja karena tidak semua themes mendukung plugins ini. Jadi untuk menampilkan rating pada posting atau halaman kita ada variabel khusus yang memerintahkan untuk menampilkan rate posting.

Caranya sangat mudah :

  1. Download Plugins Wp-PostRatings DI SINI
  2. Setelah download, lalu Upload dan aktifkan plugins.
  3. Tambahkan variabel <?php if(function_exists(‘the_ratings’)) { the_ratings(); } ?> pada file singel.php pada themes kamu. (Terserah dimana aja)
  4. Simpan file singel.php yang tadi kamu ubah.

Selamat sekarang para pembaca tulisan kamu bisa menilai tulisan kamu. :)

Catatan : Untuk peleakan variabel <?php if(function_exists(‘the_ratings’)) { the_ratings(); } ?> kamu sesuaikan dengan layout themes kamu, atau kamu bisa meletakan variabel tersebut setelah variabel <?php the_content(); ?> (Setelah tulisan berakhir).

Kamu bisa merubah bambar rating sesuka kamu, agar bisa disesuaikan dengan layout dan warna themes. Caranya, pada dashboard terdapat menu baru “Ratings” >> Ratings Options.

ratings

Lalu pilih gambar yang kamu suka. :)

ratings-option

OK, tutorial cara membuat voting/rating pada posting sudah selesai. Sekarang ciebal mau promosi lagi yah. hehe.. :P

Makasih..

Leave a Reply