Plus-Minus Server IIX dan US

21

Dalam pemilihan hosting untuk blog/website kita tentu harus mempertimbangkan server mana yang ingin kita gunakan, apakan server IIX (Indonesia) atau US (Amerika). Pada masing-masing server ini tentu terdapat kekurangan dan kelebihan jadi sebelum kamu memilih hosting dengan server apa, kamu harus mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan server IIX dan US.

Kali ini ciebal coba berbagi pengalaman seputar penggunaan 2 server populer ini karena ciebal pernah mencoba kedua server ini, berikut point-point yang perlu diperhatikan :

SERVER IIX

(+) Sangat cepat diakses dari dalam negeri (indonesia) karena proses routing yang pendek.

(+) Tidak terpengaruh dengan koneksi luar karena menggunakan ISP local

(-) Relatif lambat jika diakses dari luar negeri

(-) Harga yang relatif masih cukup mahal

(-) Badwidht internasional yang relatif lebih kecil.

SERVER US

(+) Cepat diakses darimanapun karena amerika merupakan pusat internet dunia

(+) Mudah diakses oleh website-website crawler seperti google, yahoo, bing, dll.

(+) Harga yang relatif murah dibandingkan server local

(+) Bandwidth yang besar

(-) Dibandingkan dengan server IIX kecepatan akses dari dalam negeri lebih baik dari US.

BINGUNG MODE ON

Hehehe, mungkin kamu terasa bingung untuk pilih yang mana, tapi ciebal menyarankan jika blog/website kamu target pengunjung adalah orang indonesia disarankan untuk menggunakan server IIX tapi jika target kamu adalah internasional seperti mail service, proxy, layanan iklan internasional, dll disarankan untuk menggunakan server US.

Dengan berjalannya waktu, kelak server IIX menjadi dambaan para pemilik blog/website di indonesia karena sekarang semakin bagus akses server IIX ini jadi cintilah produk dalam negeri. :P Ciebal juga pake server IIX kok, hehe..

Discussion21 Comments

    • Yah itu bagus kok tpi jarang webhosting yg nyediain server singapur.. :)
      n relatif sdkit lbh mhal..

      singapura cepet di akses di indo n global coz deket dengan indo.. :)

  1. sedikit tambahan berdasarkan pengalaman  emang benar server indonesia itu kurang bagus dari segi crawler search engine seperti google, yahoo dan lainnya. Perbandingannya kalo gw host di singapore paling lambat 3 hari web gw  udah ke index google tapi kalo pake server indonesia 7 hari aja baru 10 link yg ke index :cry: . so meski sedikit lebih cepat memakan waktu loading/koneksi dibanding server lainnya gw tetep kapok pake server indonesia.

  2. Pingback: Penyebab Blog Sepi Pengunjung | Ciebal Site

Leave a Reply