Pengertian Nasyid

2

annBanyak orang yang bertanya kepada saya tentang apa itu Nasyid padahal mereka itu muslim, sungguh ironis. Tapi saya tidak menyalahkannya mungkin memang mereka kurang tau tentang NASYID.

Banyak yang bilang lagu-lagu nasyid itu kampungan, katro, gak modern, dll. Mereka yang menganggap itu semua SALAH karena mereka belum mendengarkannya. Sebagai contoh tim nasyid Gradasi yang begitu harmonis dengan susunan nada yang indah, Justice Voice dengan khas yang gaul, The Messages (Tim Nasyid saya) yang  Funcky tapi Syar’i. :)

Berikut ini saya ambil dari Wikipedia :

Nasyid adalah salah satu seni Islam dalam bidang seni suara.Biasanya merupakan nyanyian yang bercorak Islam dan mengandungi kata-kata nasihat, kisah para nabi, memuji Allah, dan yang sejenisnya. Biasanya nasyid dinyanyikan secara acappela dengan hanya diiringi gendang. Metode ini muncul karena banyak ulama Islam yang melarang penggunaan alat musik kecuali alat musik perkusi.

Sejarah Nasyid

Nasyid dipercaya sudah ada sejak jaman Nabi Muhammad.Syair thola’al badru ‘alaina (yang artinya telah muncul rembulan di tengah kami)yang kini kerap dinyanyikan oleh tim qosidah dan majelis ta’lim, adalah syair yang dinyanyikan kaum muslimin saat menyambut kedatangan Rasulullah SAW ketika pertama kali hijrah ke Madinah. Nasyid kemudian berkembang seiring dengan situasi dan kondisi saat itu. Misalnya nasyid di Timur Tengah yang banyak mengumandangkan pesan jihad maupun perlawanan terhadap imperialisme Israel lebih banyak dipengaruhi oleh situasi politik yang ada saat itu.

Nasyid di Indonesia

Nasyid mulai masuk ke Indonesia sekitar era tahun 80-an. Perkembangannya pada awalnya dipelopori oleh aktivis-aktivis kajian Islam yang mulai tumbuh di kampus-kampus pada masa itu. Pada awalnya yang dinyanyikan adalah syair-syair asli berbahasa Arab. Namun akhirnya berkembang dengan adanya nasyid berbahasa Indonesia dan dengan tema yang semakin luas (tidak hanya tema syahid dan jihad). Biasanya nasyid dinyanyikan dalam pernikahan, maupun perayaan hari besar umat Islam.

Begitu jelasnya pengertian dari wikipedia, jadi sebagai umat muslim kita harus melestarikan budaya kita minimal mengetahuinya. Karena suka lagu-lagu nasyid itu tidaklah buruk bahkan didengar dari nada begitu indah harmonisasinya..

Berikut ini adalah beberapa  timnasyid terkenal yang ada di Indonesia :

Saya rasa sudah cukup jelas, semoga bermanfaat. Terimakasih.. ;)

Discussion2 Comments

  1. Iya bener friends,, gue juga baru ikut Buat Tim Nasyid Di SMA gue nih.. Tapi namanya belu kepikiran.. personilnya ada 6 orang dan 1 cadanga ( kasian banget tuh yg cadangan) btw, ko pesan ini kahak jkeliatan yah????

  2. wah klo bisa jangan dijadiin cadangan..
    lebih bae jadiin dya manager aja atau crew..
    gw jga gtuh…
    ;)

    untuk nasyid mang idealnya 6 orang..
    Bas
    Tenor
    Bariton
    Vocal
    Vocal 2
    Falseto

    :)

Leave a Reply