Decompiler Visual Basic

11

vb-reformerAlhamdulillah, pada kesempatan kali ini gw coba berbagi sedikit pengetahuan gw lagi tentang computer dan tidak lain dengan tujuan sharing bukan berniat menggurui.
Mungkin temen-temen dah pada tau apa arti decompiler, singkatnya decompiler kebalikan dari compiler yang artinya kebalikan dari menggabungkan dan pasti kalo dah baca tulisan ini pasti ngerti deh.. So baca terus yah.. J
Pertama yang mesti lo siapin adalah (seperti biasa) Software decompiler yang cukup terkenal dan cukup mudah di gunakan yaitu VBReformer (lo bisa cari decompiler lain yang menurut lo mudah, tapi sekarng yang gw bahas adalah VBReformer).

Download softwarenya di http://www.decompiler-vb.net/ dan sebelumnya lo mesti daftar dan Sign In dulu untuk mendownloadnya (Jangan lupa pilih yang Free Edition) KLo punya duit sih beli yang premium. :P

OK, gw anggep lo dah download dan sekarang Install software seperti biasa. Setelah install maka akan terlihat tampilan utama yang simpel seperti ini :

decompiler-face
Ok, sebagai contoh gw ambil App yang dibuat dengan VB oleh s’to jasakom.

Untuk mencari filenya, klik File >> Open >> Pilih file .exe yang telah di compiler dengan VB. Sebagai contoh gw pilih App Seni Internet Hacking yang dibuat oleh S’to Jasakom. (setelah pilih file aka nada warning, tapi jangan khawatir klik continue aja)

decompiler
Screenshot di atas adalah file App yang digunakan untuk menonton Video Seni Internet Hacking yang dibuat oleh S’to.

Q : Bagaimana untuk mengubah file itu..?
A : Gampang kok, sekarang lo tinggal Klik File >> Save Project As >> pilih tempat dimana lo mau nyimpen project itu.
decompiler-save
Sekarang lo dah punya project VB yang bisa lo edit di Software Pemrograman VB 6 atau bahkan VB 2008. (rada rumit di VB 2008) :P
Pasti dah gak asing kan App ini..?
Sekarang lo bisa edit semau lo dan dengan desain lo sendiri.

decompiler-finish
Q : Tapi kok gw coba decompiler AVG, Transtool, Photoshop, dll gak bisa..?
A : Wedew, gak semua file .exe bisa jadi lo coba-coba aja semua file berekstensi .exe :)

OK, gw rasa dah cukup jelas sampai sini apabila masih ada kesulitan silahkan hubungi gw selagi gw bisa bantu (tapi klo gak bisa bantu maaf ya, gw juga baru belajar). Semoga dengan ini lo bisa mendapatkan inspirasi untuk membuat suatu program dengan VB, tapi inget kita disini bukan untuk menjadi Plagiator so jadikan tulisan ini sebagai ilmu pengatahuan belaka. (sok alim deh gw) xixixixi..

Discussion11 Comments

  1. :recsel wah thx nih buat tutor software ini. ketemu juga akhirnya..

    thx skali lagi ya.

    btw, udah lama gak ke blog ini kayanya ganti ya templatenya..

  2. gue jalankan vbreformer tapi source codenya enggak ada, apakah yang profesionalnya bisa memunculkan source code VBnya (commandnya)?
    Kalau bisa gue mau beli, soalnya ada program gue, source codenya hilang tapi exenya masih ada.

Leave a Reply